Wakil Walikota Pekanbaru Buka Seminar "Ayah Cahaya Keluarga"

PEKANBARU (RA) - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi S Si Jumat (1/6) membuka seminar yang betemakan 'Ayah Cahaya Keluarga'. Seminar tersebut dilaksanakan di Hotel Mutiara Mardeka Pekanbaru yang dihadiri oleh masyarakat Kota Pekanbaru terutama kepala keluarga. Seminar tersbeut dilakukan bersempena hari jadi Kota Pekanbaru ke 228 yang jatuh pada 23 Juni 2012 ini.

"Figur seorang ayah sangatlah penting dalam suatu keluarga. Dimana seorang Ayah bukan hanya sebagai kepala, manejer, serta  pemimpin saja dalam keluarga, tetapi juga sekaligus imam yang merupakan sumber inspirasi bagi keluarga. Ayah juga memikul amanah dan bertanggung jawab yang besar terhadap proses tumbuh kembang anak-anaknya. Seorang ayah laksana cahaya yang menerangi keluarga dengan akhlaknya, sehingga rumah mencapai derajat keluarga sakinah, dan menjadi al baiti jannati, rumahku sorgaku," ungkap Ayat saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan seminar.

Dikatakan Ayat, saat ini masih banyak ayah yang lari dari tanggung jawab dan kewajibannya dalam rumah tangga. Bahkan yang paling menghiris hati, banyak juga kepala keluarga saat ini yang mampu menafkahi keluarganya dengan baik, namun tetap melupakan kewajibannya sebagai penerang dalam keluarga. Seorang ayah saat ini sering tidak memperhatikan perkembangan anak-anaknya karena sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari.

"Dengan kondisi seperti itu, maka dari penelitian sebuah institut mengatakan, 50 persen anak yang masuk kategori nakal dan bermasalah dengan lingkungannya adalah anak-anak yang terlahir dari orang yang berpunya atau kaya. Inilah buktinya, jika dalam kalangan keluarga yang mampu, tetap sangat minim seorang ayah yang menjalankan tanggung jawabnaya sebagai cahaya keluarga," kata Ayat.

Ditambahkannya, melalui seminar tersebut diharapkan akan menjadi pencerahan bagi seluruh kepala rumah tangga yang memiliki kewajiban menerangi anak-anaknya. Dimana, seorang kepala keluarga harus mampu menjadi figur yang bertanggungjawab.

"Secara umum ada beberapa cara untuk membentuk ayah menjadi cahaya dalam keluarga yakni, seorang ayah harus berilmu, sehingga dapat mengajar ilmu kepada anaknya, harus kuat imannya, ayah harus memiliki akhlakul karimah, sehingga benar-benar mampu mengarahkan anaknya ke jalan yang benar," tuturnya lagi. (RA1)

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index